Rabu, 09 Maret 2011

Semua orang pasti bisa…Termasuk kamu…!!!

Sutu kehidupah akan memaksa kepada setiap manusia yang hidup di dunia untuk terus bisa beradaptasi, karena proses bersadaptasi adalah proses penyesuaian diri kita terhadap lingkungan yang selalu berubah-ubah. Seseorang yang tak bisa beradaptasi terhadap lingkunganya maka secara otomastis akan tergeser.
Memang tak mudah kita untuk beradaptasi terhadap lingkungan, namun selaku mahluk sosial kita tidak akan terlepas dari yang namanya gesekan.
Banyak hal yang sebenarnya kita sendiri tidak tahu kalu yang kita lakukan itu ternyata tidak di sadari oleh diri kita sendiri sehingga kita sudah melakukan yang namanya proses adaptasi.
Beradaptasi akan hadir setelah adanya suatu yang namanya keadaan dimana kita berada pada keadaan yang baru. Memang kita selalu susan untuk menyesuaikan, maka dari pada itu ada hal yang kiranya kita perhatikan dalam proses adaptasi sehingga kita tidak melepaskan kepribadiaan kita untuk terus menyesuaika terhadap orang lain, diantaranya :
1. Self image, pada proses ini bagaimana seseorang yang ingin melalui proses adaptasi haruslah mempunyai citra yang baik kepada lingkungan sekitar, sehingga ketika kita akan melakukan proses adaptasi kita tidak ada pada zona yang tidak di inginkan oleh kita seperti dicuekin, diacuhkan dll.
2. Self presentasion, pada proses ini kita akan dituntut bagaimana kita bisa menampilkan dirikita untuk melakukan adaptasi, proses ini mempermudah jalanya adaptsi. Kita dituntut dengan selalu menampilkan hal-hal yang positif pada diri kita. Pakaian yang kita gunakan itu salah satu alat utuk dapat kita mempermudah yang namanya adaptasi pada tahapan ini. Pada tahapan ini ada dua unsur yang akan kita lewati
a. Role Playing (bermain peran) pada tahapan ini kita di tuntut dengan bagaimana kita memainkan peran dengan apa yang lingkungan inginkan.
b. Role taking (mengambil peran) pada tahapan ini kita kita akan selalu berusaha agar kuta bisa mengambil peran saat kita ada pada suatu lingkungan.
3. Slef esteem, tahapan yang ada di atas adalah bagaimana kita mudah untuk beradaptasi, akan tetapi hal yang paling penting adalah bagaimana suatu harga diri kita terus di jaga ketika kita ingin beradaptasi dengan keadaan yang baru, karena harga diri adalah sesuatu yang harus kita pertahankan. Suatu adaptasi kedang berjalan dengan mulus, akan tetapi hal yang mulus kadang kala menghilangkan yang namanya harga diri yang kita miliki.
Sedikit tulisan mudah-mudahan dapat kita rasakan manfaatnya..amien
Satu hal yang sering kita lupa,dengan adanya keritik maka keritik yang membangun pastilah saya tunggu…hem
Oleh : *-*(Direrktur Administrasi dan Kesekertariatan RUTIN MANAJEMEN)

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2035 suryadiujang